Guru dan Pertarungan Idealisme


Tulisan ini adalah sesuatu yang sangat ingin saya ungkapkan semenjak dulu…

sebagai orang yang pernah menggeluti organisasi dakwah kampus (orang bilang “aktivis kampus”) yang sarat dengan idealisme….

Dan sekarang menjadi seorang guru…yang disebut-sebut sebagai profesi yang paling mulia dan diberi gelar pahlawan ( zaman dimana gelar pahlawan sangat sulit utk “didapatkan”) meski tanpa tanda jasa…

Ditengah banyaknya profesi dan pekerjaan yang terkadang jauh dari aroma idealisme…guru masih terbilang aman,bahkan cenderung mempertebal idealisme tersebut…

Namun,idealisme seorang guru kian lama kian di uji…salah satunya adalah tiap tahun setiap sekolah dihadapkan pada momok menakutkan yang bernama Ujian Nasional. meskipun mulai tahun ini kelulusan sekolah tidak hanya ditentukan oleh nilai UN namun juga nilai raport semester 1- semester 5….

Disinilah peran sekaligus idealisme guru diuji… peran guru sebagai tenaga pendidik tentu harus dimaximalkan sehingga bisa meningkatkan nilai output yang diharapkan….

Namun jika output(kualitas dan kuantitas kelulusan) tidak sesuai dengan yang diharapkan atau khawatir tidak sesuai dengan harapan, ‘terpaksa’ gurulah  yang berperan meng-upgrade- nilai siswa…(kata seorang teman istilahnya nilai “syafaat”)

terlebih sekarang ketika nilai raport mulai diperhitungkan sebagai nilai kelulusan sekolah. Subhanallah idealisme itu rasanya mulai tertinggal dibelakang karena alasan tuntutan atasan,rasa kasian, dan demi nama baik sekolah…

terkadang saya berpikir, peran guru sebagai seorang pendidik -dalam arti seutuhnya- mulai luntur… menjadi hanya seorang pencetak angka diatas kertas….

terus terang jiwa pemberontak (idealisme)saya sering muncul dikala seperti itu..

yang saya pikirkan adalah bagaimana bisa kualitas pendidikan ini meningkat jika prosesnya semakin hari semakin buruk dan gurunya pun kian hari semakin mahir berlaku buruk….Naudzubillah

terlepas dari semua kegundahan saya, saya yakin banyak guru yang masih berjuang untuk menjadi pendidik yang seutuhnya….meskipun hasil yang kami dapatkan tidak selalu memuaskan….

Semogaa kami para guru bisa lebih baik lagi…mohon doanya.

june 19th 2011

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s