Menulis dengan Hati


Belajar menulis sudah kita lakukan sejak masih SD bahkan sebelum masuk SD…
Masih ingat dulu sewaktu SD, pelajaran mengarang adalah pelajaran kesukaan saya mskipun saya tidak terlalu suka mata pelajaran bahasa indonesia…


Sejak SMP saya punya buku diary,yang waktu itu saya beli dari uang hasil tabungan saya.saya belajar menulis dari bagaimana menghargai perasaan hati. Senang, sedih, resah,harapan dan doa adalah lintasan hati yang selalu mengisi diary itu.
Bagi sebagian orang, mengisi diary berarti orang tersebut terlalu melankolis, cengeng dan sebagainya.mungkin bisa jadi,namun bagi saya waktu itu menulis diary berarti bisa mengungkapkan isi hati, bisa menghibur diri ketika membacanya kembali.

Saya banyak belajar tentang mengelola hati setelah berulang kali membaca diary itu. saya belajar dari setiap peristiwa, belajar berempati, belajar mengamati dan saya belajar cara menghargai sejarah kehidupan sendiri…
Episode diary itu berlangsung hingga SMA, sejauh itu sudah mengkhatamkan kurang lebih lima buku (ada beberapa buku yang masih tersimpan beserta gemboknya)

Setelah kuliah diary agak jarang terisi, karena alasan berbagai kesibukan. Menulis kadang saya lakukan di handphone, dengan menyimpannya di folder pribadi.

Saya memang tidak penah belajar menulis secara khusus, sehingga wajar ejaan dan kosakata masih terbatas. saya juga bukan penulis cerita fiksi karena saya agak kurang imajinasi. tapi saya yakin bahwa untuk menulis hanya dibutuhkan 1% bakat, selanjutnya adalah latihan dan latihan…

Jauh di lubuk hati saya, saya ingin menjadi penulis. menulis bagi saya adalah cara saya mengaktualisasikan diri, menulis adalah hobby, menulis adalah bentuk dari amal sholeh, menulis adalah jiwa karena saya belajar menulis dengan hati….

#ketikasemangatmenulisitukembali#

Tinggalkan Balasan

