kumpulan beberapa obat herbal


Assalamu’alaikum wr wb…

Sedihnya jika anak-anak sudah sakit, rasanya tidak enak ini dan itu…kali ini giliran si kecil yang sakit (Athaya, 12 bln)…

Awalnya demam, batuk dan pilek, muntah…setelah dikasi obat penurun panas, demamnya reda …tapi giliran muntah-muntah setiap dikasi susu dan bubur… Alhasil badanya yang sudah kecil jadi tambah kecil…sedih banget….

dan seperti biasa, langsung buka laptop kemudian tanya mbah google…abinya ga ketinggalan pencet-pencet BB cari ilmu dan pengobatan…

terus terang, sejak beberapa tahun terakhir ini, kami sangat terbantu dengan internet untuk belajar menjadi dokter pribadi di rumah sendiri…

meskipun jika sudah menyerah, kami akhirnya ke dokter anak juga…namun saya sekarang agak mulai selektif masalah obat-obatan apalagi antibiotik, kadang resep dokter kami tebus tapi obatnya saya tunda dulu terutama antibiotik….

memang susah mengambil keputusan, antara tega dan tidak tega…mau dikasi, kasian masih kecil sudah minum antibiotik…ga dikasi, ga tega liat sikecil sakit terus…

memang obat herbal bisa menjadi pilihan….namun, obat herbal biasanya agak lama proses penyembuhannya dan terkadang bahan-bahan yang digunakan pun sulit untuk didapatkan, belum juga masalah kebersihan dari proses pengolahan yang kita lakukan yang belum tentu terjamin untuk konsumsi anak di bawah 2 tahun….

namun, untuk obat herbal yang tidak diminum (obat oles), saya lebih sering menggunakannya…berikut ini beberapa hasil browsing saya mengenai obat luar yang herbal… semoga bermanfaat….

lekas sembuh ya Athaya sayang….Amin.

MASUK ANGIN

Masuk angin pada anak-anak bisa diobati sendiri oleh orang tua. Misalnya dengan diberi obat penurun panas jika si anak badannya mulai anget-anget.

Selain itu bisa juga diberi obat dari luar secara alami, yaitu dengan membaluri tubuh anak dengan bawang merah yang diparut, dan telah dicampur dengan minyak telon atau minyak kayu putih.

Bawang merah akan merangsang pembuluh darah-pembuluh darah kecil dan saraf di kulit anak, sehingga sirkulasi darahnya lebih aktif. Dengan begitu pertukaran oksigennya juga lebih banyak, dan si anak akan merasa lebih segar.

Ada lagi cara lainnya yang lebih unik, yaitu dengan memberi kerokan pada anak.

Kerokan? Yup, biasanya kerokan dilakukan pada orang dewasa, dan kita merasa khawatir jika anak dikerok, kulitnya nanti jadi gimanaa… gitu!!

Betul, namun kerokan pada anak tidak menggunakan alat pengerok yang keras, seperti uang logam atau sendok pengerok lainnya.

Lalu apa yang bisa digunakan sebagai alat pengeroknya?

Tidak lain yaitu bawang merah. Ya, cukup gunakan saja bawang merah sebagai alat pengerok untuk mengobati masuk angin pada anak.

Caranya yaitu dengan mengupas bawang merah, cuci, potong jadi 2 bagian, lalu digosok-gosokkan ke kulit anak sepertihalnya anda mengerok. Boleh juga ditambahkan minyak telon.

PERUT KEMBUNG

Ikuti langsung yuk bagaimana cara mebuat resep termudah untuk mengatasi perut kembung pada anak berikut ini.

Siapkan umbi bawang merah kemudian potong tipis-tipis, lalu minyak kelapa, dan terakhir yaitu minyak kayu putih. Sediakan bahan-bahan tersebut dengan takaran secukupya

Cara membuat minyak oles untuk mengobati perut kembung pada bayi dan anak anda ini yaitu dengan mencampur semua bahan tersebut di atas, lalu diremas-remas hingga tercampur. Cara pakainya yaitu dengan mengoleskan minyak ramuan oles perut kembung pada bagian perut anak anda yang kembung, seluruh badan, kaki, dan tangnn pada anak yang demam.

DEMAM

Untuk mengatasi demam dan sakit kepala anda bisa mencoba membuat kompresan dengan berbahan dasar tanaman herbal jeruk nipis. Kompresan ini akan lebih efektif digunakan untuk anak-anak. Oke langsung saja bagaimana cara membuatnya?

* Petik 2 -4 genggam daun jeruk nipis, cuci bersih

* Rebus dengan 2-4 gelas air
* Gunakan air rebusan ini untuk mengompres
* Gunakan kain yang menyerap air, kompres pada dahi penderita

Semoga bermanfaat!

KHASIAT BERENDAM DALAM AIR

Siapa diantara pembaca yang jarang mandi, hayo? Mandi bagi sebagian orang memang paling malas. Tapi tahukah anda ternyata, dalam mandi terkandung manfaat yang hebat, lho!

Menurut penelitian (bukan menurut saya lho), mandi bisa meningkatkan sistem imunitas tubuh, mencegah penyakit kulit, bahkan bisa untuk menyembukan masalah medis yang serius.

Berikut ini beberapa fakta lainnya yang bisa membuat anda jadi semangat untuk mandi dan berendam.

1. Bagi penderita diabetes, dengan setengah jam berendam dalam bak air hangat dapat menurunkan tingkat gula darah sekitar 13%.
2. Untuk menjaga kesehatan jantung, cobalah untuk berendam selama 10 menit dalam air hangat dapat memperbaiki kesehatan jantung anda.

3. Jika anda menderita penyakit kulit seperti eksema, ruam, atau gatal-gatal dapat menambahkan baking soda ke dalam bak mandi karena berdasarkan penelitian baking soda itu bertindak sebagai antiseptik.

Caranya pertama-tama isi air dengan air hangat, tambahkan kira-kira satu sendok baking soda dan aduk sampai rata. Dianjurkan berendam selama 10-20 menit.

4. Jika anda menderita infeksi seperti luka sariawan, cobalah tambahkan pada air hangat yaitu tiga atau empat cuka dari sari buah apel dan berendamlah selama 15-20 menit. Ini juga baik untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh karena cuka dapat menyeimbangkan kembali asam.

5. Untuk menyembuhkan flu dan sakit kepala dapat dilakukan dengan merendam kaki dalam air hangat. Masukan air hangat secukupnya dalam bak sampai menutupi kaki dan pergelangan kaki, tambahkan beberapa tetes minyak seperti lavender, peppermint atau lemon. Setelah selesai bilas dengan air dingin. Lakukan selama 10-20 menit.

6. Jika anda salah satu penderita insomnia atau yang memiliki masalah tidur dapat merendam kaki dalam air dingin. Masukan kaki sampai kaki merasa dingin. Pengobatan ini juga berguna bagi kaki lelah, pendarahan hidung, dan sembelit.

7.Jika anda mengalami masalah sirkulasi maka cobalah dengan mulai merendam kaki selama satu atau dua menit dalam air hangat, kemudian 30 menit dalam air dingin. Cobalah lakukan selama 15 menit kemudian diselesaikan dengan air dingin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s